Pebisnis pacuan kuda yang jadi produsen vaksin (2)

Sebelum menjalankan bisnis vaksin, Cyrus Poonawalla menggarap sejumlah bisnis lainn seperti mengurus bisnis pacuan kuda milik keluarga. Cyrus juga pernah menjajal memproduksi mobil sport. Namun, prospek yang kurang cerah membuatnya meninggalkan bisnis sebelumnya dan fokus memproduksi vaksin sekaligus memperbaiki sektor kesehatan di India. Serum Institute of India berdiri pada tahun 1966 hasil dari menjual kuda pacuan dan sebagian modal dari sang ayah.

Cyrus Poonawalla menyadari usahanya memproduksi mobil sport secara komersial akan membutuhkan modal yang lebih besar dari modal yang dimilikinya saat itu. Di sisi lain, ia juga mempertimbangkan bahwa mengembangkan mobil sebagai transportasi massa bakal lebih menjanjikan dibanding memproduksi mobil mewah yang ditargetkan hanya untuk kelompok-kelompok elite. Dengan kata lain, segmen pasar mobil sport saat itu di India bisa dibilang sempit.

Selama masa percobaan menapaki jalur bisnis lain, beberapa kuda-kuda pacuan milik keluarga Poonawalla disumbangkan ke Haffkine Institute yang merupakan pusat pelatihan, penelitian dan uji coba di bidang biomedik yang terletak di Mumbai.

Poonawalla yang saat itu melihat kondisi India sedang mengalami kekurangan pasokan vaksin sekaligus permasalahan mahalnya harga vaksin impor, menjadikanya peluang. Ia pun mengambil tantangan untuk memulai memproduksi vaksin dari ekstrak serum kuda. Saat itu Ia yakin dapat memenuhi permintaan vaksin di India hingga pelosok negeri.

Cyrus yang merupakan lulusan Brihan Maharashtra College of Commerce (BMCC), Pune University tak serta terjun di industri vaksin secara total. Dia sempat telibat dalam bisnis keluarga di bidang pembibitan dan pacuan kuda yang dinamai Poonawalla Stud Farms. Bisnis ini dulunya dirintis oleh mendiang sang ayah dan saat ini dikelola oleh adiknya, Zavary.

Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Tri Adi

CYRUS POONAWALLA