Raja produk vaksin kesehatan terbesar di India (1)

India sebagai negara berpenduduk yang padat memiliki potensi bisnis besar. Dengan misi meningkatkan sektor kesehatan masyarakat di India, Cyrus Poonawalla menjalankan bisnis vaksin di India hingga menjadi produsen vaksin terbesar di India. Distribusi vaksin perusahaan ini telah mencapai 170 negara. Ia berhasil menjual lebih dari 1,3 miliar dosis vaksin ke seluruh dunia. Ini membuatnya menjadi miliarder dengan kekayaan US$ 8,3 miliar versi majalah Forbes. Cyrus masih menjalankan bisnis keluarga di sektor pacuan kuda.

Menjalankan bisnis di sektor industri vaksin, Cyrus Poonawalla berhasil membawa perusahaannya menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan bioteknologi di India. Perusahaannya yang bernama Serum Institute of India ini tidak hanya menjadi produsen vaksin terbesar di India, kini jangkauan produksi dan penjualannya telah merambah pasar global. Hingga saat ini, jangkauan distribusi vaksin perusahaan ini telah mencapai 170 negara.

Perusahaan yang dirintis sejak 52 tahun silam inilah yang menjadikan Poonawalla sebagai miliarder. Total kekayaannya menyentuh US$ 8,3 miliar. Serum Institute kini telah jadi produsen vaksin terbesar di dunia dengan jumlah dosis yang diproduksi dan dijual secara global lebih dari 1,3 miliar dosis.

Dari total dosis yang telah diproduksi dan dijual tersebut di antaranya mencakup vaksin Polio serta Difteri, Tetanus, Pertusis, Hib, BCG, r-Hepatitis B, Campak, Gondong dan Vaksin Rubella. Diperkirakan sekitar 65% anak-anak di dunia menerima setidaknya satu vaksin yang diproduksi oleh Serum Institute of India.

Perusahaan ini berada di bawah naungan Cyrus Poonawalla Group. Selain bisnis vaksin, pria kelahiran Pune, India ini juga memiliki beberapa perusahaan di sektor lain yakni Poonawalla Aviaton Pvt. Ltd yang bergerak di sektor layanan penerbangan pesawat carter di India.

Selain bisnis yang berorientasi profit, Cyrus juga memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Ini terbukti dari pendirian Adar Poonawalla Clean City Initiative, perusahaan yang bergerak pada inisiatif ramah lingkungan. Ini dilakukan Cyrus sebagai kontribusi terhadap tanggung jawab sosial. Perusahaan ini dipimpin oleh anaknya Adar Poonawalla.

Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Tri Adi

CYRUS POONAWALLA