Membeludak, jumlah peserta pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali 36.339 orang

KONTAN.CO.ID – NUSA DUA. Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 telah secara resmi berakhir pada Minggu (14/10). Jumlah delegasi dan peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut pun di luar prediksi pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, jumlah delegasi dan peserta yang hadir dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 mencapai 36.339 orang. Angka tersebut terdiri dari 15.449 orang peserta asal Indonesia dan 21.620 orang delegasi. 

“Saya rasa ini sangat baik. Saya tidak perkirakan sebesar ini. Ekspektasi kami 19.000 (orang peserta),” kata Luhut dalam konferensi pers penutupan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Minggu petang. 

Luhut menjelaskan, secara umum, penyelenggaraan pertemuan yang dihadiri delegasi dari 189 negara tersebut berjalan dengan baik. Seluruh acara yang diagendakan berjalan tepat waktu. 

“Kami tidak menemukan hambatan yang mengganggu acara utama, acara paralel, dan acara tuan rumah,” ungkap Luhut. Selain itu, Luhut mengungkapkan, panitia nasional pun menerima banyak komentar yang baik terkait penyelenggaraan. Para peserta maupun pihak-pihak lain yang hadir pun mengungkapkan kepuasannya. 

“Kesuksesan ini mendemonstrasikan kemampuan pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Indonesia mampu menyelenggarakan acara secara simultan di tengah bencana,” jelas Luhut. (Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Membeludak, Jumlah Peserta Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali 36.339 Orang

Sumber : Kompas.com
Editor: Sanny Cicilia

Sumber : Kompas.com
Editor: Sanny Cicilia

IMF-WORLD BANK 2018